Rabu, 08 Agustus 2012

Tatalaksana Infertilitas


Tatalaksana Infertilitas
Terapi infertilitas tergantung penyebabnya. Pada pria dapat digunakan obat pemicu kesuburan, antibiotic,antioksidan, hormone sampai tindakan operasi untuk memperbaiki pembuluh darah sekitar buah zakar. Sedangkan pada wanita, dapat diberikan antibiotic, pemicu kesuburan, antioksidan, hormone sampai terapi kista ovarium, miom,perbaikan saluran telur yang tersumbat.

Pria dan wanita memiliki resiko sama mengalami infertilitas atau kelainan tertentu maka sudah seharusnya pemeriksaan dilakukan pada kedua belah pihak tidak hanya satu pihak saja.
 
Infertilitas Pada Wanita
Bila pasangan sulit memiliki anak, di masyarakat kita seringkali yang disalahkan adalah pihak istri. Meski tuduhan itu tidak selalu benar, tetapi resiko infertilitas pada wanita memang banyak. Faktor yang mempengaruhinya, bias dari factor vagina (vaginismus, vaginitis), factor serviks, (polip,stenosis, non-hostile mucus, antibody terhadap sperma), factor uterus (mioma, endometriosis, endometriris, uterus bicornis, arcuatus), factor tuba palopi (tuba buntu, penyempitan, perlengketan), factor ovarium : tumor, kista, gangguan menstruasi dengan atau tanpa ovulasi, factor hormone (gangguan hormone pada poros hipotalamus-hipofisis-ovarium) dan factor lain semisal obesitas, hiper/hipotiroid, penyakit sistemik lainnya.

Kelainan terbanyak penyebab infertilitas pada wanita adalah endometriosis, penyumbatan saluran palopi dan sindrom ovarium polisiklik.

Penyumbatan Saluran Falopi                                                                                                    
Apa : komplikasi yang paling sering terjadi dan 30 % menjadi penyebab infertilitas. Penyumbatan bias terjadi pada satu falopi atau juga pada kedua falopi.

Penyebab : karena infeksi Chlamydia dan endometriosis. Infeksi biasanya terjadi di dalam saluran falopi. Infeksi bias menimbulkan perlengketan sehingga terjadi penyumbatan. Infeksi bakteri sebenarnya merupakan infeksi ringan yang berada pada mulut rahim ke bawah. Namun bakteri kemudian berkembang biak hingga menjadi infeksi berat yaitu terjadi pada mulut rahim ke atas menuju daerah rahim.Sumbatan itu bias membuat saluran telur menjadi bengkak yang dalam istilah medis disebut hydrosalpinx.

Sementara sumbatan saluran falopi akibat endometriosis terjadi karena adanya tekanan dari luar dinding tuba. Endometriosis kadang menimbulkan kista endometriosis yang kemudian mendorong kista ke tuba sehingga menyebabkan terjadinya sumbatan. Sedangkan sumbatan yang diakibatkan kelainan bawaan (seperti tidak terbentuknya tuba falopi) menempati porsi yang sangat kecil dan bahkan jarang terjadi.

Dampak Pada Kesuburan
Selama masih ada falopi yang terbuka, kehamilan masih mungkin akan terjadi selama memiliki satu atau dua indung telur. “Bisa 50% terjadi kehamilan, jika hanya terjadi pada satu sumbatan yaitu di salah satu saluran telur yang sehat,” jelas Dr.Wiweko. Tidak hanya itu, fungsi tuba falopi yang masih baik  juga memegang peran penting dalam proses kehamilan. “ Jika fungsi rambut getar pada tuba falopi  sudah tidak baik, sel telur tidak bias digerakkan ke ampula sehingga pembuahan tidak akan terjadi,”katanya. Kalaupun bias terjadi pembuahan, embrio tidak bias tertanam di rahim, melainkan di saluran falopi sehingga terjadi kehamilan ektopik atau sering disebut hamil di luar kandungan.
Sementara, bila simbaan terjadi pada kedua saluran, sel telur tidak bias bergerak menuju rahim sehingga pembuahan tidak terjadi. Biasanya, pasien dengan penyumbatan pada kedua falopi langsung disarankan melakukan bayi tabung, jika berkeinginan memiliki keturunan.

Sindrom Ovarium Polisiklik (SOPK)
Apa : kelainan endokrinopati yang paling banyak dijumpai pada wanita usia reproduksi. Sindrom ini ditandai dengan kumpulan beberapa gejala seperti gangguan haid, gangguan ovulasi, hiper androgenism dan gambaran ovarium polisiklik kurang lebih 60-70% wanita dengan berat badan berlebih, dan 40-50% wanita dengan berat badan normal dapat menunjukkan gejala tersebut.

Penyebab : sering dikaitkan dengan adanya timbunan lemak tubuh yang berlebihan terutama di rongga perut. Pasien yang memiliki Indeks Masa Tubuh lebih besar dari 25 kg/m2 atau lingkar perut yang lebih besar dari 80 cm sangat beresiko untuk memiliki kelainan SOPK ini. Timbunan lemak yang berlebihan terutama di rongga perut akan menimbulkan perubahan keseimbangan zat-zat kimiawi tertentu yang dapat mengakibatkan menurunnya sesnsitifitas insulin. Kadar insulin menjadi lebih tinggi daripada normal. Kondisi hiperinsulin ini disebut dengan istilah resistensi insulin.

Dampak Pada Kesuburan : Tentu saja hal ini menjadi terkait dengan kondisi infertilitas (gangguan kesuburan), terutama yang terkait dengan siklus yang tidak berovulasi.

Penanganan : Tatalaksananya dengan masalah gangguan kesuburan pertama adalah memperbaiki gaya hidup seperti berolahraga teratur, menciptakan berat badan ideal dan menjaga pola makan, kedua adalah menggunakan obat-obatan pemicu kesuburan dan yang ketiga adalah jika memang terdapat resistensi insulin dapat diberikan obat yang dapat meningkatkan sensitifitas insulin.
 
Endometriosis
Apa : Suatu kondisi dimana jaringan selaput lender rahim (endometrium) tumbuh di luar rongga rahim, yaitu di rongga perut, usus, dan kandung kemih. Endometriosis 10-20% turut berperan pada terjadinya infertilitas.

Penyebab : Belum diketahui secara pasti. Namun, sebagian besar endometriosis terkait dengan factor keturunan yaitu adanya gangguan  fungsi antibody yang menyebabkan daya tahan tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Selain itu, meningkatnya ekspresi gen terutama gen yang bias memberi makan jaringan endometriosis dengan yang terkait produksi estrogen serta enzim aromatase, juga bisa menyebabkan munculnya endometriosis.

Dampak Pada Kesuburan : Pada kasus endometriosis, lima puluh persen endometriosis  menyebabkan infertilitas. Kaitan langsung dengan infertilitas, endometriosis mengganggu lingkungan di sekitar rahim dan sekitar alat kelamin dalam, sehingga mengganggu proses pembuahan. “ Endometriosis mengganggu perjalan dan kecepatan sperma, mengganggu kualitas telur dan mengganggu bagian dalam rahim sehingga tidak cocok menempel embrio.  Hal itu disebabkan karena endometriosis mampu mengaktifasi bagian dari sistem imun dalam tubuh yang tidak menguntungkan bagi sel telur, sperma dan embrio dengan melepaskan mediator penyebab  inflamasi atau peradangan. Selain itu, endometriosis akan menekan gen yang memberikan sinyal menempelnya embrio pada dinding rahim, sehingga implantasi embrio akan terganggu. Bahkan endometriosis yang tumbuh pada saluran telur (tuba falopi) disebabkan perlengketan hebat pada alat kelamin dalam sehingga bias mengganggu dan menghambat kehamilan.

Penanganan : Semakin ringan derajatnya akan semakin ringan pula penanganannya. Pada derajat minimal dan ringan, infertilitas akibat endometriosis bias ditangani dengan hanya menggunakan terapi obat saja yaitu dengan pemberian obat penstimulus ovulasi  sehingga pertumbuhan sel telur menjadi lebih banyak.

OBAT MANDUL
Formula bunga =Flower Formula=Resep Bunga-Bunga=Home Formula (HF) dibuat berdasarkan penelitian ilmiah oleh Institusi PHYTOBIOPHYSICS selama lebih dari 25 tahun yang dirintis oleh Profesor DR. Dame Diana Mossop dari Inggris. Produk yang dipasarkan di Inggris dinamakan FLOWER FORMULA sedangkan produk yang dipasarkan di luar Inggris dinamakan HOME FORMULA (HF)

Produk HOME FORMULA (HF) terbuat dari saripati bunga-bunga dengan berbagai warna tertentu yang mengandung energi  oleh sebab itu HF dikatakan obat energi. Home Formula (HF) bekerja dengan cara menyeimbangkan energi dalam tubuh manusia dan menghilangkan hambatan -hambatan energi dalam tubuh sehingga akan timbul pemulihan secara menyeluruh baik fisik,emosi, mental maupun spiritual.

PROSES PEMBUATAN
Produk Flower Formula atau Home Formula (HF) dibuat dengan pengawasan yang sangat ketat dari GMP Laboratory Inggris. (GMP = Good Manufactuting Practice = Standar Produksi untuk proses dan produk
Produk sari pati bunga-bunga dibuat dari sumber larutan bunga-bunga atau tumbuh-tumbuhan yang tidak mengandung bahan-bahan kimia sintetis,tidak mengandung pengawet,pewarna atau zat-zat tambahan lainnya.

Home Formula (HF) terbuat dari Sari pati bunga-bungaan berbentuk larutan (tincture) yang mengandung fibrasi/panjang gelombang/energi yang diteteskan pada tablet plasebo (tablet kosong) yang terbuat dari bahan gula sukrosa/gula jagung. Energi HF dapat diukur dengan menggunakan alat GALVANOMETER. Satuan ukuran yang digunakan adalah NANOMETER (nm) yaitu ukuran panjang gelombang yang dihasilkan oleh getaran energi yang terkandung dalam masing-masing Home Formula (HF).

Untuk pengobatan pasangan yang belum punya keturunan, digunakan 9 jenis Home Formula (HF) yaitu HF 1,2,4,5,8,9,13,16 dan HF 17. Semua Home Formula (HF) tersebut bekerja secara sinergis dan menyeluruh ke semua sistem saraf,sistem kelenjar,sistem hormon, dan sistem organ yang berkaitan dalam proses reproduksi manusia. Apabila semua sistem saraf,kelenjar,hormon dan organ yang berkaitan dengan sistem reproduksi kembali normal, dengan Izin Allah, pasutri dapat memperoleh keturunan.

  • Home Formula Nomor 1 adalah obat mandul yang bekerja pada system kelenjar Pineal dan sebagai anti Virus
  • Home Formula Nomor 2 adalah obat mandul yang  bekerja pada system kelenjar Pituitri dalam otak
  • Home Formula Nomor 4 adalah obat mandul yang bekerja pada system kelenjar Hipotalamus dalam otak
  • Home Formula Nomor 5 adalah obat mandul yang bekerja pada system limbic serta sebagai anti bakteri
  • Home Formula Nomor 8 adalah obat mandul yang bekerja pada system Medulla Oblongata
  • Home Formula Nomor 9 adalah obat mandul yang bekerja pada system hormone tiroid
  • Home Formula Nomor 13 adalah obat mandul yang bekerja pada system ginjal dan kelenjar adrenal
  • Home Formula Nomor 16 adalah obat mandul yang bekerja pada system organ reproduksi
  • Home Formula Nomor 17adalah obat mandul yang bekerja pada system genital dan hormone

Semua Home Formula (HF) tersebut adalah satu paket pengobatan yang bekerja secara sinergis dan menyeluruh ke semua sistem saraf,sistem kelenjar,sistem hormon, dan sistem organ yang berkaitan dalam proses reproduksi manusia. Apabila semua sistem saraf,kelenjar,hormon dan organ yang berkaitan dengan sistem reproduksi kembali normal, dengan Izin Allah, pasutri dapat memperoleh keturunan. 


Tiap Botol Home Formula (HF) berisi 100 tablet untuk pemakaian satu bulan
Kombinasi Obat  : HF 1,2,4,5,8,9,13,16 dan 17  (9 HF).                           Harga Home Formula (HF) = Rp. 300.000 per botol
Total Investasi untuk pengobatan
 = Rp.300.000 x  9 HF = Rp. 2.700.000 ( Dua Juta Tujuh Ratus  Ratus Ribu Rupiah)

2 komentar: